ZIARAH DIRI



M. Khoirul Anwar KH. lahir di ujung timur Cirebon, 28 tahun yang lalu, dengan tangis yang memecah telinga. Sempat berkelana mengelilingi beberapa sekolah dan perguruan tinggi, untuk kemudian sadar bahwa buku-lah guru terbaik. 

Untuk mengekalkan jejaknya, ia kerap menggores sesobek ide di beberapa media seperti Kompas, Duta Masyarakat, Seputar Indonesia, Jawa Pos, Republika, Radar Mojokerto, Kabar Cirebon, Radar Cirebon, Fajar Cirebon dan lain sebagainya.

Dari keisengannya bersimbah dalam dunia aksara, ia menghasilkan beberapa biji buku. Di antaranya: Suluk-Salik (Novel Tashawuf: naskah hilang di salah satu penerbit, 2005), Integritas dalam Pandangan Mahasiswa: Solusi Problematika Sosial (Antologi Esai: Pusat Studi Indonesia-Arab UIN Jakarta & Indonesia Integrity Education Network United Kingdom, 2011),  Indonesia- Maroko: Lebih Dari Sekedar Persahabatan (Antologi Esai: The Embassy of The Kingdom of Marocco &  Persatuan Pewarta Warga Indonesia, 2012), Ketika Alwy Pergi: Esai dan Puisi (Antologi Esai: Silalatu, Kuningan, 2015), Mengabdi di Kota Wali (Biografi: Silalatu, Kuningan, 2016).
 
Demi menularkan virus literasi ia membidani lahirnya beberapa komunitas menulis seperti Serikat Penulis Pelajar (SPP), Bilik Aksara Santri (BAS), Cirebon Media Watch (CMW), Halaqah Aksara, dan Aksara Nagari. Kesemua wadah tersebut tercerai-berai di Kabupaten-Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan. 

Kadangkala ia juga kerap diundang untuk menjadi pengkhotbah babakan ide dan karya pada banyak perguruan tinggi di Cirebon, Kuningan, Indramayu, Bandung, Jombang, dan kota-kota lainnya. 

Kini ia tinggal di gubuk sapa: khoirul.anwar23@gmail.com (email), M. Khoirul Anwar KH (facebook) dan 081321439393 (cp).


0 Response to " ZIARAH DIRI "

Posting Komentar